Studium General tahun 2020 Mempersiapkan Ekonomi Berawasan Syar’I di Era 4.0

0

Program Studi Ekonomi Syariah menyelenggarakan Studium General pada Selasa, 13 Oktober 2020 dengan peserta mahasiswa baru Prodi Ekonomi Syariah tahun angkatan 2020/2021, sebanyak 250 orang. Kegiatan ini mengangkat tema “Mempersiapkan Ekonomi Berwawasan Syar’i di Era 4.0” sebagai motivasi kepada mahasiswa baru untuk sukses sejak semester awal, tidak harus menunggu lulus sarjana.

Studium General ini menghadirkan dua narasumber. Pertama, KH. Sofyan Hadi, Lc, MA (Pengasuh Ponpes. Entrepreneur Al-Mawaddah Kudus) mengulas tentang visi hidup dan kemandirian mahasiswa. Pelatihan kemandirian mahasiswa berupa _ entrepreneurship yang dilakukan secara kolaboratif melalui pesantren. Modal awal untuk membentuk mahasiswa yang sukses berupa modal spiritual (orientasi kerja ikhlas), modal kepemimpinan (orientasi kerja cerdas), dan modal entrepreneurship (berwujud kerja keras).    Kedua, Dr. Hj. Naning Fatmawatie, SE, MM selaku Wadek 1 FEBI IAIN Kediri, menyampaikan bahwa dalam industri telah mengalami revolusi sejak abad ke 18 sampai saat ini mencapai 4.0 yang berkaitan dengan tren otomatisasi, sehingga interaksi manusia bersifat digital. Era digitalisasi memunculkan tantangan berupa _filter social_ budaya,  _trust_ di lingkungan kerja, diversifikasi lapangan kerja, kualitas tenaga kerja yang handal dan spesifik. Selain itu, inovasi industri juga berkembang pesat seiring pemanfaatan media online. Tidak heran mulai bermunculan UMKM dan wirausahawan muda di berbagai bidang usaha.

Adanya hambatan tatap muka tidak mengurangi animo mahasiswa untuk mengikuti acara ini via zoom selama tiga jam. Link kegiatan ini dapat diklik pada https://www.youtube.com/watch?v=Owa6918A_7o

About author

No comments