Kegiatan “Praktek Pengelolaan ZISWAF”

0

Kegiatan Pembekalan untuk Praktek Pengelolaan ZISWAF diselenggarakan oleh Prodi Ekonomi Syariah FEBI IAIN Kediri pada Kamis, 2 Januari 2020 di Home Theatre Perpustakaan IAIN Kediri. Kegiatan pembekalan diikuti oleh mahasiswa semester enam Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Acara pembekalan PPZ bertujuan membekali para mahasiswa tentang hal-hal yang harus dilakukan mahasiswa di Lembaga PPZ. Kegiatan PPZ berlangsung sejak tanggal 06 Januari sampai dengan Pebruari 2020, dengan membagi 2 gelombang. Gelombang pertama yaitu tanggal 06 – 25 Januari 2020. Gelombang ke dua yaitu tanggal 27 Januari – 15 Pebruari 2020. Wilayah  penempatan mahasiswa PPZ yaitu 28 tempat meliputi BAZNAS dan LAZIS area Sidoarjo, Kediri, Jombang, Mojokerto, Blitar, Madiun.

Acara pembekalan dihadiri oleh 2 (dua) narasumber yaitu Kholaf Hibatullah, Ketua FOZ Jawa Timur dan Rifki Nurdiansyah, Pinca Yatim Mandiri Blitar. Pada kesempatan ini, dijelaskan oleh Rifki Nurdiansyah, SE bahwa dibutuhkan pemahaman tentang Manajemen Strategik Penghimpunan dan Distribusi ZIS untuk bisa meningkatkan jumlah muzaki dan pendistribusian dana yang jelas, terarah dan tepat sasaran.  

Narasumber lainnya, Kholaf Hibatulloh, mengemukakan tentang Pengelolaan ZIS di Indonesia Kontemporer. Fakta pendukung ZIS yaitu adanya UU Zakat No. 23 Tahun 2011,   peluang besar Indonesia dengan asset keuangan Syariah terbesar ke 7 secara global, massifnya   pembayaran ZIS melalui aneka aplikasi, serta tingginya animo donasi masyarakat.  Wawasan tersebut sebagai modal awal mahasiswa terjun langsung ke lapangan menghadapi fakta yang ada tentang Lembaga ZIS dan problem masyarakat. Sehingga kelak, para alumnus FEBI IAIN Kediri akan siap dan sigap dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui program ZISWAF di lingkungan masing-masing.

About author

No comments

WEBINAR INTERNATIONAL

  Acara Webinar International dengan tema “Reflecting the Challenges and Opportunities for the Development of Economics and Islamic Finance After Covid 19” telah diselenggarakan pada ...